KATA PENGANTAR
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, menyatakan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan
jabatan profesional. Dengan demikian profesionalisme guru dituntut terus berkembang
sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, serta kebutuhan masyarakat.
Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Bab VI pasal 28 ayat 1, menyatakan bahwa pendidik harus memenuhi kualifikasi
akademik dan memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan
rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut harus
dikembangkan secara utuh, sehingga terintegrasi dalam kinerja guru.
Untuk meningkatkan kualitas guru, mulai tahun 2012 Badan PSDMPK dan PMP
memberlakukan kebijakan baru yaitu (1) semua guru yang akan mengikuti Pendidikan
Latihan Profesi Guru (PLPG) diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA), (2)
Hasil UKA sebagai gambaran kondisi kompetensi guru digunakan sebagai dasar
pelaksanaan PLPG. Guru yang dinyatakan belum memenuhi standar minimal UKA
diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan latihan yang di selengarakan oleh Pusat
Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK)
atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
Dalam rangka penyelenggaran diklat guru SD Pasca-UKA agar memenuhi
kompetensi yang diharapkan maka dipandang perlu adanya bahan ajar atau modul.
Bahan ajar atau modul yang dipersiapkan didasarkan atas hasil analisi kebutuhan para
peserta uji kompetensi awal yang belum memenuhi standar minimal UKA.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menyiapkan
bahan ajar ini.
Jakarta, Juni 2012
Kepala Badan PSDMPK dan PMP
Syawal Gultom
NIP 19620203 198703 1 002
ii
Daftar Isi
I. PENDAHULUAN ..................................................................................................... 1
A. Kompetensi Dasar ......................................................................................... 1
1.1 Membandingkan besaran dan Satuan ................................................. 1
B. Indikator .......................................................................................................... 1
C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................... 1
D. Panduan Belajar ............................................................................................ 2
II. KEGIATAN BELAJAR 1 ....................................................................................... 3
BESARAN DAN SATUAN ................................................................................ 3
A. Satuan SI ........................................................................................................ 3
B. Satuan dari Besaran Pokok. ........................................................................ 3
1 Meter ............................................................................................................ 4
2.Kilogram ...................................................................................................... 6
3.Sekon atau Detik ........................................................................................ 6
4.Ampere ........................................................................................................ 7
5.Kelvin ........................................................................................................... 7
6.Mole .............................................................................................................. 8
7.Kandela ........................................................................................................ 8
C. Satuan Turunan ............................................................................................. 8
D. Alat Ukur Besaran Pokok dan Penggunaannya....................................... 9
1. Panjang .................................................................................................... 10
2. Waktu ........................................................................................................ 17
Kegiatan 1 ............................................................................................... 19
3. Suhu .......................................................................................................... 20
4. Kuat Arus .................................................................................................. 21
5. Volume ...................................................................................................... 22
6 . Massa Jenis ............................................................................................ 23
Kegiatan Mandiri ..................................................................................... 24
III. Kegiatan Belajar 2 ............................................................................................. 26
A. PENGUKURAN .......................................................................................... 26
A.1. Ketidak Pastian Pengukuran ............................................................. 26
A.2. Menentukan Ketidakpastian Pengukuran ....................................... 28
1
I. PENDAHULUAN
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu yang didasarkan pada fakta-fakta atau gejala yang diamati berdasarkan hasil pengukuran. Oleh karena itu
pengetahuan pengukuran merupakan hal yang perlu dipahami dan dikuasai
oleh seorang ipawan khususnya para guru IPA dan para siswa. Dengan
berbekal pengetahuan pengukuran diharapkan untuk setiap kontek dalam
pembelajaran, terutama yang menyangkut pembelajaran dengan metode
inquari sangatlah penting. Hal ini karena dalam menafsirkan suatu data dari
hasil percobaan di laboratorium ataupun dalam hal penafsirkan dari suatu data
yang diperoleh dari fenomena alam dapat memberikan kesimpulan dengan
tepat.
Para ilmuwan menyadari, bahwa di dalam pengukuran tidak ada yang
benar-benar ideal. Semua pengukuran selalu dihinggapi kesalahan, error, atau
ketidakpastian, sekalipun kita berusaha kuat dengan berbagai cara untuk
menghilangkannya. Oleh karena itu dalam konsep pengukuran sesuatu fakta
dalam perolehannya harus benar-benar terkontrol dari pengaruh ketidakpastian
tersebut. Untuk itu dalam modul ini akan dibahas tentang penentuan
ketidakpastian, angka penting, dan bagaimana cara melaporkan hasil dari suatu
pengukuran disertakan dengan satuannya.
Modul ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pembelajaran
bagi para Guru dan siswa, kompetensi yang diharapkan serta manfaat adalah :
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membandingkan besaran dan Satuan
B. Indikator
1.1.1 Memilih alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti diklat, peserta diklat diharapkan dapat:
• Menjelaskan arti besaran dan satuan
2
• Membedakan besaran pokok dan turunan
• Melaksanakan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
• Menggunakan satuan besaran pokok dan satuan besaran turunan
• Menuliskan angka penting beserta operasinya
D. Panduan Belajar
• Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan dengan benar
untuk mempermudah dalam memahami suatu proses pekerjaan,
sehingga diperoleh hasil yang maksimal.
• Pahami setiap materi teori dasar yang akan menunjang penguasaan
suatu pekerjaan dengan membacanya secara teliti.
• Apabila terdapat evaluasi, kerjakan evaluasi tersebut sebagai sarana
latihan dan refleksi kemampuan yang Anda capai.
• Jawablah tes formatif dengan jawaban yang singkat tetapi jelas, dan
kerjakan tes tersebut sesuai kemampuan Anda setelah mempelajari
modul ini.
• Bila terdapat penugasan, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan jika
perlu konsultasikan hasilnya pada guru atau instruktur.
• Catatlah kesulitan yang anda temui dalam mempelajari modul ini untuk
ditanyakan kepada guru atau instruktur pada saat kegiatan tatap muka.
• Bacalah referensi lain yang berkaitan dengan materi modul ini, agar anda
memperoleh pengetahuan tambahan
Home
»
»
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !