- UPTD Pendidikan Kec. Ungaran Timur
Headlines News :
Home » »

Written By UPTD Pendidikan Kec. Ungaran Timur on Jumat, 07 Juni 2013 | Jumat, Juni 07, 2013

KATA PENGANTAR
Undang-undang  Republik  Indonesia  Nomor  20  Tahun  2003  tentang  Sistem
Pendidikan  Nasional,  menyatakan  bahwa  jabatan  guru  sebagai  pendidik  merupakan
jabatan profesional. Dengan demikian profesionalisme guru dituntut terus berkembang
sesuai  dengan  perkembangan  zaman,  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan
teknologi, serta kebutuhan masyarakat.
Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Bab  VI  pasal  28  ayat  1,  menyatakan  bahwa  pendidik  harus  memenuhi  kualifikasi
akademik  dan  memiliki  kompetensi  sebagai  agen  pembelajaran,  sehat  jasmani  dan
rohani,  serta  memiliki  kemampuan  untuk  mewujudkan  tujuan  pendidikan  nasional.
Sebagai  agen  pembelajaran,  guru  dituntut  untuk  memiliki  kompetensi  pedagogik,
kepribadian,  sosial,  dan  profesional.  Keempat  kompetensi  tersebut  harus
dikembangkan secara utuh,  sehingga terintegrasi dalam kinerja guru. 
Untuk meningkatkan kualitas guru, mulai tahun 2012 Badan PSDMPK dan PMP
memberlakukan kebijakan baru yaitu (1) semua guru yang akan mengikuti Pendidikan
Latihan  Profesi  Guru  (PLPG)  diwajibkan  mengikuti  Uji  Kompetensi  Awal  (UKA),  (2)
Hasil  UKA  sebagai  gambaran  kondisi  kompetensi  guru  digunakan  sebagai  dasar
pelaksanaan  PLPG.  Guru  yang  dinyatakan  belum  memenuhi  standar  minimal  UKA
diwajibkan  untuk  mengikuti  pendidikan  dan  latihan  yang  di  selengarakan  oleh  Pusat
Pengembangan  dan  Pemberdayaan  Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan  (PPPPTK)
atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
Dalam  rangka  penyelenggaran  diklat  guru  SD  Pasca-UKA  agar  memenuhi
kompetensi  yang  diharapkan  maka  dipandang  perlu  adanya    bahan  ajar  atau  modul.
Bahan ajar atau modul yang dipersiapkan didasarkan atas hasil analisi kebutuhan para
peserta uji kompetensi awal yang belum memenuhi standar minimal UKA.
Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu menyiapkan
bahan ajar ini.
Jakarta,  Juni 2012
Kepala Badan PSDMPK dan PMP 


Syawal Gultom
NIP 19620203 198703 1 002
ii

Daftar Isi

I. PENDAHULUAN ..................................................................................................... 1
  A. Kompetensi Dasar ......................................................................................... 1
      1.1 Membandingkan besaran dan Satuan ................................................. 1
  B. Indikator .......................................................................................................... 1
  C. Tujuan Pembelajaran ................................................................................... 1
  D. Panduan Belajar ............................................................................................ 2
II. KEGIATAN BELAJAR 1 ....................................................................................... 3
  BESARAN DAN SATUAN ................................................................................ 3
  A. Satuan SI ........................................................................................................ 3
  B. Satuan dari Besaran Pokok. ........................................................................ 3
1 Meter ............................................................................................................ 4
2.Kilogram ...................................................................................................... 6
3.Sekon atau Detik ........................................................................................ 6
4.Ampere ........................................................................................................ 7
5.Kelvin ........................................................................................................... 7
6.Mole .............................................................................................................. 8
7.Kandela ........................................................................................................ 8
  C. Satuan Turunan ............................................................................................. 8
  D. Alat Ukur Besaran Pokok dan Penggunaannya....................................... 9
1. Panjang .................................................................................................... 10
2. Waktu ........................................................................................................ 17
     Kegiatan 1 ............................................................................................... 19
3. Suhu .......................................................................................................... 20
4. Kuat Arus .................................................................................................. 21
5. Volume ...................................................................................................... 22
6 . Massa Jenis ............................................................................................ 23
     Kegiatan Mandiri ..................................................................................... 24
III. Kegiatan Belajar 2 ............................................................................................. 26
  A.  PENGUKURAN .......................................................................................... 26
       A.1. Ketidak Pastian Pengukuran ............................................................. 26
       A.2. Menentukan Ketidakpastian Pengukuran ....................................... 28


1

I. PENDAHULUAN

  Ilmu  Pengetahuan  Alam  (IPA)  adalah  ilmu  yang  didasarkan  pada fakta-fakta  atau  gejala  yang  diamati  berdasarkan  hasil  pengukuran.  Oleh  karena  itu
pengetahuan  pengukuran  merupakan  hal  yang  perlu  dipahami  dan  dikuasai
oleh  seorang  ipawan  khususnya  para  guru  IPA  dan  para  siswa.  Dengan
berbekal  pengetahuan  pengukuran  diharapkan  untuk  setiap  kontek  dalam
pembelajaran,  terutama  yang  menyangkut  pembelajaran  dengan  metode
inquari  sangatlah  penting.  Hal  ini  karena  dalam  menafsirkan  suatu  data  dari
hasil percobaan di laboratorium ataupun dalam hal penafsirkan dari suatu data
yang  diperoleh  dari  fenomena  alam  dapat  memberikan  kesimpulan  dengan
tepat.
  Para  ilmuwan  menyadari,  bahwa  di  dalam  pengukuran  tidak  ada  yang
benar-benar ideal. Semua pengukuran selalu dihinggapi kesalahan, error, atau
ketidakpastian,  sekalipun  kita  berusaha  kuat  dengan  berbagai  cara  untuk
menghilangkannya.  Oleh  karena  itu  dalam  konsep  pengukuran  sesuatu  fakta
dalam perolehannya harus benar-benar terkontrol dari pengaruh ketidakpastian
tersebut.  Untuk  itu  dalam  modul  ini  akan  dibahas  tentang  penentuan
ketidakpastian, angka penting, dan bagaimana cara melaporkan hasil dari suatu
pengukuran disertakan dengan satuannya. 
  Modul  ini  diharapkan  dapat  menjadi  salah  satu  sumber  pembelajaran
bagi para Guru dan siswa, kompetensi yang diharapkan serta manfaat adalah :
A. Kompetensi Dasar  
1.1 Membandingkan besaran dan Satuan
B. Indikator
1.1.1 Memilih alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti diklat, peserta diklat diharapkan dapat:
•  Menjelaskan arti besaran dan satuan
2

•  Membedakan besaran pokok dan turunan 
•  Melaksanakan pengukuran dasar dengan menggunakan alat ukur yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
•  Menggunakan satuan besaran pokok dan satuan besaran turunan
•  Menuliskan angka penting beserta operasinya
D. Panduan Belajar
•  Perhatikan  langkah-langkah  dalam  melakukan  pekerjaan  dengan  benar
untuk  mempermudah  dalam  memahami  suatu  proses  pekerjaan,
sehingga diperoleh hasil yang maksimal.
•  Pahami  setiap  materi  teori  dasar  yang  akan  menunjang  penguasaan
suatu pekerjaan dengan membacanya secara teliti.
•  Apabila  terdapat  evaluasi,  kerjakan  evaluasi  tersebut  sebagai  sarana
latihan dan refleksi kemampuan yang Anda capai.
•  Jawablah  tes  formatif  dengan  jawaban  yang  singkat  tetapi  jelas,  dan
kerjakan  tes  tersebut  sesuai  kemampuan  Anda  setelah  mempelajari
modul ini. 
•  Bila  terdapat  penugasan,  kerjakan  tugas  tersebut  dengan  baik  dan  jika
perlu konsultasikan hasilnya pada guru atau instruktur. 
•  Catatlah  kesulitan  yang  anda  temui  dalam  mempelajari  modul  ini  untuk
ditanyakan kepada guru atau instruktur pada saat kegiatan tatap muka.
•  Bacalah referensi lain yang berkaitan dengan materi modul ini, agar anda
memperoleh pengetahuan tambahan
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. UPTD Pendidikan Kec. Ungaran Timur - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template